Jawaban Konsultasi

Apakah keluarga boleh melarang ketika istri dibawa suami pindah rumah

rumah-images
Salah satu pertanyaan bagi para istri adalah bagaimana ketika suami mengajak istri untuk pindah rumah karena suatu hal. Dalam hal ini agama Islam telah memberi panduan yaitu bahwa suami adalah pemimpin bagi istrinya, dan salah satu kewajiban istri kepada suaminya adalah taat atas segala keinginan suaminya, kecuali jika perintah suami tersebut mengajak kepada maksiat.

Berikut ini beberapa dalil yang terkait:

Allah Taala berfirman dalam Al Quran yang bermaksud:

“Kaum laki-laki itu pemimpin wanita. Karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) alas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan harta mereka. Maka wanita yang solehah ialah mereka yang taat kepada Allah dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada menurut apa yang Allah kehendaki. ”
“Wanita-wanita yang kamu kuatirkan akan durhaka padamu, maka nasehatilah mereka (didiklah) mereka. Dan pisahkanlah dari tempat tidur mereka (jangan disetubuhi) dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu bersikap curang. Sesungguhnya Allah itu Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (An Nisa : 34)

Selain itu Nabi SAW bersabda yang bermaksud:

“Apabila seorang isteri telah mendirikan sholat lima waktu dan berpuasa bulan Ramadhan dan memelihara kehormatannya dan mentaati suaminya, maka diucapkan kepadanya: Masuklah Surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki.”
(Riwayat Ahmad dan Thabrani)

Jika perintah suami tersebut tidak ditaati, maka hal ini dapat termasuk kepada perbuatan durhaka istri kepada suaminya.

Referensi

Leave a Reply

Powered by: Wordpress