Artikel Keluarga

Istri Minta Cerai Karena Poligami

poligami1

Salah satu hal yang diajukan sebagai sebab perceraian adalah poligami. Bisa karena istri pertama tidak mau dipoligami, ataupun karena istri kedua merasa tertekan dan minta berpisah saja.

Poligami dalam Islam adalah perkara mubah, artinya boleh saja seorang suami menikahi lebih dari 1 orang istri. Dalam poligami ini pun tidak ada syarat bahwa suami mesti minta izin pada istri pertama.

Hukum asalnya wanita minta bercerai adalah haram, seperti disebutkan dalam hadis:

“Wanita mana saja yang meminta kepada suaminya untuk dicerai tanpa kondisi mendesak maka haram baginya bau surga” (HR Abu Dawud no 1928, At-Thirmidzi dan Ibnu Maajah)

Di zaman nabi pernah ada wanita yang minta izin kepada Rasulullah untuk berpisah dengan suaminya dengan sebab tertentu, dan permintaan tersebut disetujui oleh Rasulullah, seperti dikisahkan dalam hadis:

“Bahwasanya istri Tsaabit bin Qois mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, suamiku Tsaabit bin Qois tidaklah aku mencela akhlaknya dan tidak pula agamanya, akan tetapi aku takut berbuat kekufuran dalam Islam”. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Apakah engkau (bersedia) mengembalikan kebunnya (yang ia berikan sebagai maharmu-pen)?”. Maka ia berkata, “Iya”. Rasulullah pun berkata kepada Tsaabit, “Terimalah kembali kebun tersebut dan ceraikanlah ia !” (HR Al-Bukhari no 5373)

Kondisi yang menyebabkan khulu’ ini diperbolehkan antara lain:

  • suami menelantarkan istri lahir & batin
  • suami tidak menjalankan ajaran agama Islam dengan baik
  • dan lain sebagainya

Jika istri minta berpisah atas dasar cemburu dengan istri lain, maka hal ini tidak termasuk ‘hal yang mendesak’.

 

Powered by: Wordpress