Jawaban Konsultasi

Permasalahan Istri Bekerja Suami Menganggur

menganggur-index

Menafkahi keluarga adalah bagian dari kewajiban suami, bukan kewajiban istri. Fitrah laki-laki adalah mengambil tanggung jawab jika ada masalah, bukan saja masalah keluarga namun juga masalah-masalah di masyarakat.

Jika istri bekerja untuk memenuhi keperluan keluarga, niatkanlah pemberian itu sebagai ibadah. Kewajiban-kewajiban istri kepada suami jangan sampai terbengkalai.
Sikap istri juga jangan sampai merendahkan suami, karena hal itu dapat menyebabkan suami tambah stress.

Ujian besar untuk para istri adalah untuk hormat, taat dan takut pada suaminya. Suami adalah salah satu kunci ke surga bagi para istri, jadi sudah sewajarnya untuk hormat dan takut pada suami.

Dalam kondisi ‘normal’, di mana suami bekerja dan menafkahi istri, sudah banyak istri yang susah untuk hormat, takut dan taat pada suaminya, apalagi kalau suami seret dari sisi penghasilan. Semua akan menjadi baik jika masing-masing pihak mengejar idealisme dirinya, yaitu menyempurnakan hal-hal yang menjadi kewajibannya. Ubahlah diri, maka Allah akan memperbaiki keadaan kita menjadi lebih baik. Istri berusaha menghindari dosa-dosa pada suami, suami juga menghindari dosa-dosa pada istri,  maka insya Allah kehidupan menjadi berkat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan:

  • Sempurnakanlah kewajiban kepada Allah (http://cahaya-akhir-zaman.blogspot.com/2015/03/kewajiban-pribadi-utama-seorang-muslim.html), moga-moga dari situ ada kemudahan rezeki bagi keluarga anda.
  • Ingatlah bahwa orang bertaqwa dimudahkan rezekinya  “Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, pasti akan ditunjuki kepada mereka jalan keluar. Dan diberi rezeki  daripada jalan yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi baginya”. (At-Talaq:2-3). Salah satu usaha menuju taqwa adalah melaksanakan semua kewajiban pribadi (fardhu’ain) kepada Allah.
  • Perbanyak ibadah malam terutama shalat tahajjud.
  • Banyak bersedekah: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki mahupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, nescaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)
  • Memastikan kehormatan istri terjaga di tempat kerja, dalam arti pergaulan istri tetap terjaga di tempat kerja.

Leave a Reply

Powered by: Wordpress